Pemrograman Berorientasi Objek (Catatan Kuliah)

Pemrograman Berorientasi Objek (Catatan Kuliah)

Pemrograman Berorientasi Objek (Catatan Kuliah)

Array 

Array adalah Alokasi pemesana  memori pada ram. Array 2 dimensi yaitu seperti matriks dimana setiap pixel mewakili nilai dari matriks. Array terbentuk oleh tipe data yang sama. jadi setiap nilai yang dimasukan kedalam array harus mempunyai 1 tipe data, misalkan tipe data array adalah integer, maka semua nilai yang ada dalam array tersebut bertipe data integer. Pendeklarasian array tidak dapat menggunakan lebih dari 1 tipe data karena akan menghasilkan error karena program merasa bingung saat menjalankan program tersebut.

Methode

Methode dapat disebut sebagai aktivitas di dalam sebuah fungsi. didalam methode terdapat 2 jenis perintah yaitu set dan get, set digunakan untuk mengatur nilai dari sebuah fungsi dan get digunakan untuk mendapatkan nilai tersebut. Methode sering disebut sebagai fungsi didalam suatu class dalam pemrograman berorientas objek.

Class  

Class merupakan sebuah desain atau cetak biru (blue print) dari suatu objek, 1 class dapat menghasilkan banyak objek namun tetap dalam desain yang sama dengan  class aslinya. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari kita mempunyai sebuah skeksa bangunan perumahan yang akan dibangun, sketsa tersebut adalah bagian dari class, kemudian sketsa tersebut akan di buat atau dibangun menjadi banyak rumah yang mempunyai desain yang sama, rumah tersebut yang dinamakan dengan objek dalam pemrograman berorientasi objek.  Pendefinisian objek pada class bersifat sama atau khusus, jadi ketika tipe data pada sebuah class harus sama dengan tipe data dari code saat memanggil class tersebut. Didalam suatu class terdapat 2 bentuk susunan yaitu komposisi dan agregasi : komposisi adalah sebuah bentuk atau rangkaian yang harus ada dalam sebuah class, sedangkan agregasi yaitu yang tidak wajib berada didalam suatu class.

Perbedaan class dan objek 

Class adalah bentuk secara umum dari objek yang didalam nya terdapat sebuah fungsi. sedangkan objek adalah perwujudan atau hasil cetakan dari class.

Constructs (konstruktor)  

ciri dari konstruktor atau constructs yaitu mempunyai nama yang sama dengan class, merupakan medhod yang paling pertama dipanggil. sebuah constructs ada yang mempunyai parameter dan ada yang tidak mempunyai parameter. 
struktur dari constructs yaitu :

class Circle {          <= class 
         circle {           <= Constructs (Konstruktor)
          double getArea(){       <= Method

Modularizing ( modular ) Code


- Memecahkan program menjadi modul-modul yang lebih kecil untuk memudahkan pembuatan program.
- tidak boleh memberi parameter ( jumlah / nama yang sama ) tetapi kalau nama dari method boleh sama dengan yang lain.
- Proses Modularizing dapat mempermudah user dalam melakukan debugging atau mencari kesalahan dari sebuah program.
- Proses pengcodean atau coding yang banyak dapat dibagi-bagi agar tampilan program menjadi rapih dan lebih cepat diselesaikan. 






Previous
Next Post »