Keyword Python Pemrograman Interpreter ( Catatan Kuliah )

Keyword Python Pemrograman Interpreter ( Catatan Kuliah )


Import math : import math digunakan untuk mengimport atau memasukan fungsi matematika didalam sebuah program, saat menjalankan fungsi tersebut cukup menulis fungsi matematika yang akan digunakan kemudian masukan nilai yang akan dioperasikan dalam fungsi matematika tersebut.

Struktur Fungsi  :

def nama_fungsi ():
      isi dari fungsi

Baris pertama fungsi yaitu header berisikan nama dari fungsi yang digunakan, parameter juga dapat dimasukan pada header fungsi tersebut.
Baris kedua fungsi adalah body yang berisikan nilai atau rumus-rumus dalam fungsi tersebut. fungsi ini yang berperan sebagai proses yang akan dijalankan ketika fungsi tersebut dipanggil.
Untuk menjalankan fungsi tersebut kita hanya perlu menuliskan nama fungsi kemudian kita jalankan. misalnya kita mempunyai fungsi :

a=1;
b=3;
c=0;
def nilai ():
      c = a+b
      print(c)

untuk menjalankan program tersebut cukup ketikan :

nilai ()

maka program tersebut akan menjalankan operasi c = a+b kemudian hasilnya ditampilkan dimana hasi dari operasi tersebut apabila dijalankan akan menghasilkan nilai 4.


Rekursif Function ( Fungsi Rekursif )

Fungsi rekursif adalah fungsi yang memanggil dirinya sendiri, didalam fungsi tersebut terdapat perintah fungsi yang sama. Fungsi rekursif ini kebanyakan digunakan untuk menyelesaikan pemecahaan masalah bilangan fibonacci dan faktorial. 

Berikut adalah contoh fungsi rekursif :

def repeat():
      repeat()
      repeat()

repeat()

Pada fungsi rekursif tersebut memanggil nama fungsi yaitu repeat() yang berada didalam fungsi yang sama yaitu repeat(), dimana hal tersebut terjadi berulang-ulang samapai statement tersebut terpenuhi dan pemanggilan fungsi rekursif akan berhenti.

Fungsi menggunakan Parameter : 

def kata(x):
      print(x)

nilai x dalam fungsi diatas yang disebut dengan parameter didalam fungsi.

Terdapat beberapa intilah didalam fungsi yaitu fruitful function da void function.

Fruitful Function adalah fungsi yang dapat menghasilkan nilai kembali, dimana nilai yang dibawa oleh sebuah fungsi mampu dikembalikan ke statemen atau fungsi yang lain. fruitful function dapat menjalankan fungsi return(nilai) karena dapat membawa nilai didalam fungsi ke statemen yang lain.

Void Function adalah fungsi yang tidak mempunyai nilai kembali. tidak dapat menggunakan keyword return (nilai), karena nilai yang terdapat dalam void function tidak dapat di alihkan ke statement atau fungsi yang lain.

Dead Code : adalah fungsi yang tidak akan pernah digunakan atau dipakai dalam fungsi.

Inctemental Development : meningkatkan program dari tahap ke tahap

Komposisi  : memakai fungsi dari fungsi yang lain

Scaffolding atau Scafholding : code yang membantu dalam membangun program, tetapi code tersebut bukan menjadi bagian output dari program.

Sekian beberapa keyword dari saya semoga dapat bermanfaat buat semuanya. selamat belajar dan terus berdoa agar sukses kedepannya,

Latest
Previous
Next Post »