Virtualisasi 3-D Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (Laporan)

Virtualisasi 3-D Gedung Fakultas 
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (Laporan) 


Abstrak--Tulisan ini mempelajari tentang permodelan visualisasi 3-D, dimana sebuah gedung-gedung yang nyata diubah kedalam bentuk visual dalam bentuk 3 dimensi. Dalam tulisan ini gedung yang dibuat yaitu gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung yang berada di Provinsi Lampung Indonesia. Tampilan tersebut dikemas dalam bentuk virtual reality dalam bentuk 3-Dimensi dimana seseorang dapat berjalan mengelilingi gedung yang dibuat, seseorang dapat bergerak kearah yang mereka inginkan didalam lingkungan gedung tersebut. Pembuatan gedung kedalam virtual 3-D menggunakan aplikasi 3ds max, dan untuk menjadikan virtual reality menggunakan aplikasi adobe director.

LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, menjadikan banyak hal-hal baru  tercipta didalam beberapa bidang, salah satunya di dalam bidang teknologi komputer. Salah satu perkembangan yang pesat yaitu terjadi dibidang pengembangan dunia virtual dan animasi 3-D. Dalam bidang animasi terdapat 2 jenis animasi yaitu animasi 2-D dan animasi 3-D. Animasi 3-D lebih cepat berkembang dibandingkan dengan animasi 2-D, hal ini dikarenakan animasi 3-D mempunyai bentuk yang menyerupai objek aslinya, dimana dalam gambar 3-D terdapat 3 bentuk yaitu panjang, lebar dan ruang atau volume, sedangkan animasi 2-D hanya mempunyai 2 bentuk saja yaitu panjang dan lebar. Animasi dalam bentuk 3-D terdapat berbagai macam, salah satunya yaitu virtualisasi 3-D, dalam bentuk visualisasi 3-D seseorang dapat melihat sesuatu hal yang maya menjadi nyata. Dalam hal ini dapat menjadikan seseorang seperti berada di tempat tersebut. Bentuk virtualisasi 3-D dirancang untuk menciptakan model objek gedung-gedung yang ditampilkan kedalam bentuk virtual. Hal ini bertujuan untuk mempengaruhi sesorang dan memberikan informasi kepada seseorang tentang bentuk nyata dari gedung-gedung yang dibuat. Tampilan virtual dibuat sama dengan tampilan aslinya, dimana objek-objek yang di desain harus sama dengan objek aslinya. Perancang dapat membuat desain virtual sesuai dengan kreatifitas dari perancang itu sendiri dan bisa juga membuat dari objek-objek nyata yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Contoh dari pembuatan ulang objek yang nyata menuju bentuk grafis 3-D yaitu pembuatan virtualisasi gedung-gedung 3-D. Virtualisasi gedung-gedung kedalam bentuk 3-d dalam visual komputer bertujuan untuk menciptakan imajinasi kepada seseorang saat menjalankan program tersebut. Imajinasi yang terbentuk yaitu imajinasi dalam bentuk yang menyerupai bentuk aslinya, hal ini dapat membantu seseorang yang belum pernah berada didalam suatu tempat dapat merasakan dan melihat tempat tersebut secara virtual menggunakan gambar grafis 3-D. Akses atau cangkupan dari virtualisasi 3-D sangatlah luas, seseorang hanya perlu menjalankan program yang dibuat dan seketika itu mereka sudah dapat berkeliling didalam gedung-gedung virtual yang dibuat. Gedung virtual 3-D yang dibuat dalam paper ini yaitu gedung yang berada didalam Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan Alam Universitas Lampung. Objek yang dibuat yaitu objek secara eksterior dimana hanya terdapat tampilan gedung yang hanya dapat dilihat dari luar, dan seseorang yang menjalankan program tersebut mampu mengelilingi gedung-gedung yang berada didalam lingkup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung.

ALAT DAN APLIKASI
Peralatan dan aplikasi yang dibuat untuk membuat virtualisasi 3-D FMIPA UNILA yaitu:
1.        Kamera
Kamera digunakan untuk menggambil gambar objek nyata yang nantinya akan didesain kedalam bentuk virtual 3-D.
2.      Autodeks 3ds Max
Aplikasi Autodeks 3ds Max digunakan untuk mendesain gambar virtual yang berbentuk 3-D yang mempunyai sisi panjang, lebar dan volume supaya menyerupai gambar atau objek aslinya.
3.      Macromedia Director
Aplikasi Macromedia Director digunakan untuk membuat tampilan virtual dimana seseorang dapat berimajinasi saat menjalankan program tersebut dan dapat berjalan disekeliling dari objek gambar virtual yang dibuat.

PEMBAHASAN DAN HASIL
Pembuatan virtualisasi 3-D pada gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung secara umum dibuat menggunakan 3 langkah, langkah yang pertama yaitu mencari atau mendapatkan gambar gedung objek nyata yang akan didesian ulang kedalam komputer grafis dalam bentuk 3-D, langkah yang kedua yaitu memulai desain grafis dalam bentuk 3-D menggunakan aplikasi Autodeks 3ds Max dan langkah yang ketiga yaitu memvisualkan objek atau gambar 3-D tersebut supaya dapat terkesan menjadi nyata menggunakan aplikasi Adobe Director. Langkah – Langkah detail dalam pembuatan virtualisasi 3-D adalah sebagai berikut :




1.        Mendapatkan Gambar Objek Nyata Menggunakan Kamera
Tahapan ini adalah tahapan awal dalam pembuatan virtualisasi 3-D dimana seseorang harus mencari gambar atau objek yang akan dibuat kedalam desain grafis 3-D, gambar nyata tersebut menjadi acuan dalam tahapan selanjutnya. Dalam projek yang dibuat pengambilan gambar ini dilakukan mengambil gambar gedung-gedung yang ada di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Univeristas Lampung. Pengambilan Gambar tersebut diambil sedetail mungkin yaitu dari sisi samping, depan dan belakang untuk menjadikan desain grafis yang dibuat menjadi tampak nyata dari semua sisi. Berikut adalah contoh pengambilan gambar yang dilakukan dari beberapa sisi, gambar yang diambil adalah gambar Gedung Jurusan Ilmu Komputer.
Pengambilan Objek Nyata dari Sudut Depan
Pengambilan Objek Nyata dari Sudut Samping
Pengambilan Objek Nyata dari Sudut Belakang



2.      Mendesain Grafis 3-D Menggunakan Autodeks 3ds Max
Pada tahapan ini objek nyata yang sudah diambil pada tahapan sebelumnya akan  dibuat kedalam suatu desain yang berbentuk 3-D, desainer akan membuat semirip mungkin dengan objek aslinya mulai dari bentuk gedung, jendela pintu atap dan kondisi dilingkungan dari objek nyata tersebut. Saat membuat desain 3-D dapat menggunakan aplikasi Autodeks 3ds Max dimana aplikasi ini mampu membuat objek dalam bentuk 3-D yaitu objek yang mempunyai bentuk panjang, lebar dan volume. Secara umum pembuatan 3-D visual digedung fmipa memerlukan beberapa onjek yang akan dibuat, yaitu objek dinding, jendela, pintu, genting, dan pohon. Objek-objek tersebut apabila digabungkan dapat menjadikan bentuk 3-D visual yang sama dengan objek aslinya.
·      Membuat dinding Gedung
Langkah awal yang dapat dilakukan yaitu membuat dinding pada objek gedung yang akan dibuat.
Proses Pembuatan Dinding


·      Membuat Atap
Pada tahap pembuatan atap desainer dapat menggunakan objek box yang berbentuk panjang kemudia di putar hingga 45°, kemudian objek tersebut disalin dan di putar dengan arah yang berlawanan dengan objek yang pertama.
Proses pembuatan atap
·      Membuat jendela dan Pintu
Proses pembuatan jendela dan pintu dapat dilakukan dengan cepat, karena aplikasi Autodeks 3ds Max menyediakan bentuk-bentuk jendela dan pintu yang dapat langsung digunakan oleh para desainer. Desainer hanya menyesuaikan bentuk dan mencari tekstur gambar yang sesuai dengan gambar aslinya.
Proses pembuatan pintu dan jendela
·      Membuat Pohon
Pohon digunakan untuk menyesuaikan dengan kondisi sekitar dari objeknya. Ketika dalam objek nyata tersebut terdapat pohon maka dalam tahapan desain 3-D juga harus terdapat pohon didalam desain tersebut.
Proses pembuatan pohon
Penggabungan beberapa objek tersebut apabila disusun secara benar dan bentuk yang dibuat sesuai dengan objek gedung aslinya maka akan menghasilkan sebuah tampilan gambar virtual 3-D yang menyerupai bentuk gambar yang nyata. Tampilan gedung visual 3-D berikut ini adalah tampilan gambar gedung yang menyerupai bentuk aslinya.


Gambar 3-D Gedung Ilmu Komputer
 Gambar 3-D Gedung Fisika Dasar
      

 Gambar 3-D Gedung Biologi
 
Gambar 3-D Gedung Dekanat FMIPA
 
Gambar 3-D Gedung Lab Biologi
 Gambar 3-D Gedung Kimia


3.        Virtualisasi Aplikasi 3-D Menggunakan Adobe Director
Tahapan terakhir dalam pembuatan virtulalisasi 3-D gedung FMIPA UNILA yaitu membuat sebuah aplikasi virtual yang dapat dijalankan oleh siapa saja orang yang mempunyai program tersebut tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu. Didalam virtualisasi 3-D ini seseorang yang menjalankan program tersebut dapat berkeliling didalam lingkup gedung FMIPA UNILA. arah Pergerakan dari user ditentukan dari arah tombol panah yang ada di keyboard.

·      Tombol keyboard panah atas untuk berjalan kedepan.
·      Tombol keyboard panah bawah untuk berjalan mundur.
·      Tombol keyboard panah samping kiri untuk berjalan kesamping kiri.
·      Tombol keyboard panah samping kanan untuk berjalan kesamping kanan.

Aplikasi yang dipakai dalam pembuatan virtualisasi gambar 3-D yaitu Adobe Director. Pembuayan virtualisasi 3-D membutuhkan sebuah objek gambar 3-D yang di eksport kedalam format w3d, dimana hasil ekport tersebut yang digunakan didalam aplikasi Adobe Director. Aplikasi Adobe Director mampu memanipulasi gerakan kamera dan gerakan gambar 3-D sehingga menimbulkan kesan seseorang berjalan diantara gedung-gedung tersebut, yang sebenarnya terjadi adalah software Adobe Director memanipulasi gerakan objek dan gambar 3-D sesuai dengan tombol yang ditekan oleh user.

Pergerakan user mengelilingi gedung FMIPA UNILA
KESIMPULAN
Pembuatan virtualisasi 3-D gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam bertujuan untuk meningkatkan daya tarik seseorang pada gedung-gedung didalamnya. Hal ini dapat menjadikan seseorang yang belum pernah berada dilokasi FMIPA UNILA dapat melihat gedung-gedung dan lingkungan yang berada di FMIPA UNILA dapat merasakan dan melihat gedung-gedung yang berada di wilayah tersebut lewat komputer dengan menggunakan grafis 3-D yang berbentuk menyerupai objek asli.



Previous
Next Post »