SISTEM CLIENT SERVER PEMILU BERBASIS WEB FMIPA UNILA (Studi Kasus)

SISTEM INFORMASI CLIENT SERVER PEMILU BERBASIS WEB

Di era perkembangan teknologi yang terus berkembang menjadikan cara-cara dalam mengola teknologi pun dituntut untuk semakin berkembang pula guna dapat bersaing di dunia modern. banyak sistem-sistem yang sudah berkembang menjadi lebih baik, sistem merupakan sebuah metode atau cara yang digunakan untuk menjalankan  sesuatu, terdapat banyak sistem diantara nya sistem bisnis, sistem komunikas (media sosial), sistem komputer dan masih banyak lagi yang lainnya. yang akan dibahas pada masalah kali ini yaitu sistem pada media sosial dimana orang-orang mampu berkomunikasi secara global dengan akses internet. 

Media sosial terus berkembang hingga akhirnya tercipta sebuah konsep client server. dimana sistem tersebut mempunyai 2 tampilan antarmuka, yaitu tampilan user dan admin. user hanya mampu mengoprasikan sistem (biasanya hanya melihat, tanpa dapat memanipulasi program), admin mampu memanipulasi program, seperti menambah, menghapus, mengedit data, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Projek yang akan dibahas dalam pembuatan client server ini yaitu projek dalam pembuatan aplikasi client server pemilu berbasis website, dimana aplikasi yang dibuat dapat menyelesaikan masalah atau studi kasus sebagai berikut :


Aplikasi ini berfungsi untuk memberitahu dan mencatat siapa saja anggota-anggota dan nomor urut pasangan dari masing-masing calon pendaftar pemilu yang akan mengikuti pemilu disetiap tahun nya. Aplikasi ini mempunyai dua (2) bagian interface yaitu interface admin dan client, dimana interface admin berfungsi sebagai server data dari nama-nama dan nomor urut dari anggota-anggora yang mendaftar. Admin mampu menginputkan data-data dari pasangan calon yang sudah dinyatakan resmi mengikuti pemilihan umum, ketika ada data yang salah, admin juga mampu memperbaiki atau mengedit data yang telah diinputkan. Dan apabila ada pasangan calon yang melakukan tindakan kecurangan pada saat pemilu maka admin dapak memblacklist atau menghapus nama pasangan tersebut dari daftar pemilu. Karna fungsi admin begitu penting, maka disediakan fungsi login admin pada website ini, login digunakan untuk memperketat keamanan untuk memanipulasi data dari pasangan-pasangan pemilu supaya tidak dapat di ubah-ubah oleh orang yang tidak memiliki izin. Di interface yang kedua yaitu interface user, dimana pada interface ini pengguna hanya mampu mengakses tampilan data anggota-anggota dan nomor urut pasangan masing-masing calon yang dinyatankan resmi mengikuti pemilu.

Studi kasus adalah sebuah masalah yang nantinya akan diselesaikan oleh program yang dibuat, masalah - masalah dan fungsi - fungsi yang di inginkan didalam suatu program akan dituliskan didalam studi kasus. studi kasus dapat disebut sebagai ringkasan dari program. Programmer membuat sebuah program yang difokuskan pada penyelesaian masalah yang berada didalam studi kasus. 

Dalam studi kasus tersebut merupakan studi kasus pemilihan paslon gubernur dan wakil gubernur FMIPA UNILA dimana sistem tersebut harus menggunakan konsep client server. yang mempunyai tampilan client dan server. 
Previous
Next Post »