Ilmu Komputer dengan Teknik Informatika

Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Banyak mahasiswa baru yang masih belum begitu mengerti tentang jurusan yang akan mereka pilih, sehingga mereka merasa bingun untuk memilih program studi yang akan di ambil, Pemilihan awal program mungkin menentukan proses belajar dan karir mereka kedepan, sehingga untuk menentukan tujuan kedepan haruslah memilih langkah awal yang tepat. Banyak jurusan/prodi di perguruan tinggi yang memiliki pola belajar yang sama namun dengan teknis yang berbeda, salah satunya yaitu perbedaan antara jurusan Ilmu Komputer dengan jurusan Teknik Informatika. Kedua jurusan ini sama-sama bergerak didunia komputer dan teknologi komputer, sama-sama membahas tentang coding atau pemrograman, sistem informasi, multimedia, teknologi komputer dan lain-lain. Namun ada beberapa perbedaan diantara kedua jurusan tersebut, perbedaan tersebut akan kami bahas dalam bahasan kita kali ini:

1. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer atau di beberapa perguruan tinggi merupakan fakultas Ilmu Komputer adalah jurusan yang mempelajari tentang bahasa pemrograman yang dapat dijalankan oleh komputer, memperlajari tentang dasar-dasar sistem komputer bekerja dari bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa mesin atau bahasa pemrograman biner, sampai bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti java,c++,php dll. Berikut merupakan penjelasan mata kuliah dari jurusan ilmu komputer :

Dasar-Dasar Sistem Komputer

Dasar-Dasar Sistem Komputer akan terasa sangat sering dipelajari di jurusan Ilmu Komputer karena jurusan ini mempelajari bagaimana sistem komputer itu bekerja. Kita ketahui bahwa sistem komputer berjalan dengan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa pemrograman biner, dimana bahasa pemrograman ini hanya mengerti 2 karakter yaitu angka 0 dan 1, bahasa biner ini yang nantinya akan dipelajari dalam jurusan ilmu komputer, tidak hanya bahasa biner saja ada banyak bahasa jenis yang lain yaitu oktal, hexadesimal, dan desimal.

Perangkat Lunak Komputer
Banyak program perangkat lunak yang dibuat dalam jurusan ini. Perangkat lunak yang dibuat terdiri dari beberapa bahasa pemrograman, bahasa pemrograman yang dapat digunakan yaitu pemrograma pyton,php,c++,java dan masih banyak yang lainnya. Jurusan Ilmu Komputer adalah jurusan yang dibentuk untuk menyelesaikan masalah dengan mudah, salah satu cara yang dipakai yaitu dengan membuat sebuah software yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien.

Multimedia

Jurusan Ilmu Komputer memperlajari multimedia di dalam sistem pendidikannya, multimedia yang dipelajari yaitu editing audio video, desain grafis dan desain aplikasi.


2. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika adalah jurusan yang mengacu pada fakultas teknik, dimana jurusan ini banyak memperlajari tentang teknik-teknik dalam komputer, seperti hardware, software dan jaringan. Teknik Infomatika banyak berkutik di bidang hardware seperti service dan membuat sebuah sistem hardware yang baru. berikut adalah penjelasan tentang jurusan Teknik Informatika.

Hardware

Jurusan Teknik Informatika banyak berkembang di bidang hardware dimana mereka banyak mempelajari tentang  teknisi atau sistem kerja komputer di bagian hardware bukan bagian software nya, hardware yang dimaksud yaitu sistem service seperti teknisi dan pembuat alat untuk sistem tertentu.

Robotik
Teknik Informatika juga belajar tentang robotik. mereka belajar tentang membuat sistem yang cerdas dimana dapat mempunyai sebuah kepintaran layaknya manusia. sistem ini dibuat dengan bahasa pemrograman tersendiri dan mempunyak knowlage base sebagai wadah dari pengetahuan yang diinputkan oleh pembuat aplikasi.
First