Dasar - Dasar Pemrograman

Dasar - Dasar Pemrograman

Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk menjalankan ataupun membuat sebuah sistem yang nantinya dapat dijakankan di berbagai media seperti laptop/pc, handphone, bahkan sampai ke media elekronik seperti televisi, kulkas mesin cuci dan yang lainnya. Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat sistem tersebut, bahasa pemrograman tersebut mempunyai karakter dan tata cara penulisan yang berbeda-beda. setiap bahasa pemrograman mampu dijalankan oleh aplikasi yang mendukung bahasa pemrograman tersebut, seperti bahasa pemrograman java, php, pascal, python, dan masih banyak yang lainnya.

Kita dapat belajar banyak bahasa pemrograman sesuai dengan fungsi dan gaya dari pemrograman yang kita inginkan, kita dapat mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman namun kita harus memfokuskan ke 1 bahasa pemrograman yang kita sukai atau sering kita gunakan. karana setiap bahasa pemrograman mempuyai ciri khas sendiri namun mempunyai tujuan yang sama yaitu membuat sebuah sistem dan dapat membuat output yang sama dengan bahasa pemrograman yang berbeda. Seperti halnya ketika kita belajar bahasa pemrograman php, kita dapat membuat sebuah sistem berbasih web dengan akses melalui internet, untuk menghasilkan sebuah website tidak hanya menggunakan bahasa pemrograman php saja namun dapat menggunakan beberapa bahasa pemrograman yang lain seperti python, dari kedua bahasa pemrograman tersebut nantinya dapat menghasilkan output dan hasil yang sama namun menggunakan tata cara pemrograman yang berbeda. Berikut penjelasan tentang beberapa bahasa pemrograman :

1. PHP

Bahasa pemrograman php adalah bahasa yang menggunakan media berupa website dimana media tersebut dapat di akses oleh banyak orang melalui jaringan interner sebagai jalur akses dan akan disimpan didalam suatu base data server atau hosting yang dapat di akses oleh semua orang. Bahasa pemrograman ini dapat menjalankan sebuah sistem infomasi dimana dapat mengakses beberapa file kedalam 1 jendela windows dan di hubungkan dengan link. Bahasa Pemrograman ini seringkali didukung dengan beberapa bahasa yang lain seperti HTML dan CSS yang digunakan untuk mempercantik tampilan dari sebuah website yang dibuat.

2. C++

Bahasa pemrograman c++ merupakan bahasa pemrograman dengan basis text, dimana pemrograman tersebut berjalan menggunakan console terminal yang menampilkan media text saja. bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk menjalankan sistem yang sederhana maupun sistem yang kompleks.

3. JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang berupa grafik, dalam bahasa pemrograman ini dapat memberi sebuah grafis berupa gambar maupun field. kelebihan bahasa pemrograman ini tidak hanya monoton di dalam bentuk text saja dapat mengakses tampilan gambar. Bahasa pemrograman ini dapat berjalan di media komputer dan dapat juga berjalan di sistem android seperti smart phone dan media yang lainnya.

Previous
Next Post »