Dasar – Dasar Pemrograman HTML

Dasar – Dasar Pemrograman HTML

Bahasa pemrograman HTML adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membantu bahasa pemrograman yang lain, bahasa ini berfungsi untuk membuat tampilan atau layout menjadi lebih menarik atau dapat digunakan sebagai bagan maupun kerangka dari sebuah website. Bahasa pemrograman HTML dapat mendukung bahasa pemrograman yang lain, seperti bahasa pemrograman PHP, Python dan bahasa pemrograman lain yang cocok untuk membuat sebuah website. Berikut merupakan struktur umum dari bahasa pemrograman HTML :

<html>
<head>
<title> </title>
</head>
<body>
</body>
</html>

Struktur diatas adalah struktur umum dan dasar dalam pemrograman HTML, dimana terdiri dari sintax yang menandakan bahasa pemrograman HTML yaitu sintax <html>, sintax yang didigunakan sebagai kepala yaitu sintax <head>, sintax untuk judul yaitu sintax <title>, sintax untuk isi/konten yaitu sintax <body>.

1.       <html>
Merupakan sintax yang menandakan awalan dari sebuah program html, sintax ini selalu berada dibagian awal dan dibagian akhir dari bahasa pemrograman html. Tanpa sintax ini maka sintax html yang lain tidak dapat terbaca.

2.       <head>
Sintax head digunakan sebagai kepala website, dimana bagian ini mencangkup judul ataupun sebuah link untuk menyambungkan ke bahasa pemrograman lain, seperti css dan lain-lain. Tampilan dari head berada dibagian paling atas dari tampilan website yang dibuat.

3.       <title>
Sintax title berfungsi sesuai seperti arti dari sintax tersebut yaitu judul. Sintax ini berfungsi untuk membuat sebuah judul website, sintax ini masuk kedalam jangkauan sintax head, dimana tampilan sintax ini berada dibagian atas sebuah website. Tampilan ini muncul ketika website dibuka di bagian atas ketika akan membuka jendela browser yang baru.

4.       <body>
Sintax body adalah bagian dari tubuh suatu pemrograman web atau bloger dan lainnya. Biasanya isinya terdapat suatu komponen yang penting inti dari pembahasan, jadi dalam hal ini semua konten atau tampilan yang berada di dalam artikel berada di dalam sintax body. Sintax ini terdiri dari beberapa sintax yang lain yang dapat digunakan untuk memanipulasi bentuk konten atau isi yang akan dibuat. Artikel – artikel dari sebuah website dari awal konten sampai akhir berada dalam sintax ini.



Bahasa pemrograman html akan selalu digunakan untuk membuat sebuah website karena mampu berkolaborasi dengan bahasa pemrograman yang lain. Sekarang banyak bahasa pemrograman yang baru dan berfariasi namun bahasa pemrograman ini akan selalu konsisten dalam pembuatan website. Biasanya dalam pembuatan website terdiri dari 3 bahasa pemrograman yang berkolaborasi yaitu bahasa pemrograman php, html dan css. Bahas pemrograman ini ketika dibuat tampilan lihat source code akan tampil pada layar, berbeda dengan tampilan php yang tersembunyi dari layar ketika di jalankan fungsi lihat source code. 
Previous
Next Post »